Keunggulan Kamera CCTV Wireless dan Kekurangannya

Selama ini, kamera CCTV bertugas untuk mengawasi aktivitas di area-area tertentu. Misalnya saja mencegah aksi kriminalitas, sebab orang yang berniat melakukannya pun akan berpikir ulang karena wajah orang tersebut bisa terekam secara langsung oleh CCTV.

Kamera CCTV Wireless

Salah satu jenis kamera CCTV yang banyak dijumpai saat ini adalah CCTV wireless. CCTV wireless merupakan sejenis kamera pengintai nirkabel yang berfungsi untuk mengawasi, memantau, dan mengontrol aktivitas di area-area tertentu yang dipasangi CCTV. CCTV tanpa kabel tersebut mengirimkan sinyal berbentuk media transmisi pada penerima tertentu lalu ditampilkan berbentuk video atau gambar di perangkat monitor.

CCTV wireless camera memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Mulai dari ukuran 2×2 cm dengan lensa yang berdiameter 2 mm, hingga ukuran besar yang biasa kita jumpai di mesin-mesin ATM, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Keunggulan CCTV Wireless

Memang tak dapat dipungkiri jika konsumen lebih memilih memakai CCTV wireless ini. Alasannya tentu sangat sederhana. Pertama, CCTV wireless tidak memakai kabel jadi memudahkan peletakan kamera sekaligus instalasinya. Berbeda dengan CCTV analog yang memerlukan akses atau lubang sebagai jalur pada kabel.

Di samping itu, CCTV wireless bisa diletakkan di tempat-tempat tak terjangkau oleh CCTV analog. Selanjutnya, CCTV wireless juga bisa menghemat biaya. Jika memakai CCTV wireless, tentu tak membutuhkan tugas pengaman lebih banyak lagi.

Hanya memerlukan beberapa orang saja untuk memonitor layar CCTV saja. Lebih untungnya, Anda tak memerlukan tugas keamanan. Adapun keunggulan lain dari CCTV wireless, diantaranya :

  • Fitur notifikasi secara khusus pada ponsel, sehingga memungkinkan memberitahu user melalui SMS atau email jika ada pergerakan dari sebuah objek.
  • Bisa diakses secara online, untuk bisa melihat CCTV wireless Anda memerlukan layar monitor CCTV. Saat ini, Anda sudah dapat mengakses sekaligus memantau kamera CCTV di website secara online. Sehingga lebih praktis dan dapat diakses kapan saja maupun dimana saja.
  • Mudah diletakkan, CCTV wireless ini lebih mudah ditempatkan di area yang tak memungkinkan memasang kamera CCTV dengan kabel.

Adapun kekurangan CCTV wireless ini diantaranya biayanya cukup mahal, dan setting konfigurasi terbilang sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *